Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Posted by

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Cepat

sehatmurah.com - Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu, memang gusi bengkak itu sangat menyiksa, mulai dari susah makan, malas berbicara dengan orang lain sampai nafsu makan berkurang padahal perut sudah keroncongan.
banyak sekali obat yang di jual di warung - warung yang mengobati gusi bengkak. tapi jangan sampai asal beli karena bisa - bisa gigi kita yang kalah karena dosis yang terlalu tinggi.
menggunakan cara alami untuk mengobati gigi bengkak sangat di anjurkan sebelum benggunakan obat-obatan kimia.
berikut tips untuk mengatasi gusi bengkak secara alami dan cepat :
  1. berkumurlah dengan air garam, karena di dalamnya terkandung antiseptik untuk megatasi bakteri yang terdapat pada mulut, caranya gunakan air yang telah di beri garam lalu aduk kemudian pakai untuk kumur 3 kali dalm sehari. lakukan rutin selama 2-3 hari.
  2. cara mengobati gigi bengkan dengan daun sirih . Caranya yaitu ambil 10 helai daun sirih dan campurkan kunyit dan garam secukupnya. Masukkan ketiga bahan tersebut dalam 500cc air dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya dan gunakan hasil saringan tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.
  3. Lada Hitam Dan Minyak Cengkih. Kedua bahan ini merupakan bahan tradisonal yang dipercaya untuk mengatasi pembengkakan gusi. caranya cukup mudah, anda tinggal oleskn saja lada hitam atau minyak cengkeh pada bagian yang sakit, cara ini bisa mengurangi rasa sakit pada gusi yang bengkak.
  4. cara yang selanjutnya dengan memijat gusi pada bagian yang sakit, mungkin cara ini jarang di lakukan karena di pegang saja sudah sakitnya minta ampun. caranya dengan menggunakan jari telunjuk lalu pijat dengan perlahan pada bagian gusi yang sakit.
  5. Hidrogen Peroksida/Baking Soda. Anda juga bisa untuk berkumur menggunakan Baking Soda. Obat kumur ini mampu untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.
  6. Sikat Gigi Secara Rutin. Yang keenam yaitu dengan sikat gigi secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda. Jangan serta merta bila anda sudah sembuh dari pembengkakan gusi, kemudian anda semakin jarang untuk menyikat gigi anda. Baiknya 2-3 kali anda melakukan gosok gigi setiap harinya atau sesudah mengkonsumsi makanan.



sedikit tambahan tips agar bisa menjadi alternatif lain :
 
Kekurangan Vitamin
Kekurangan vitamin utamanya vitamin C merupakan hal yang bisa mengakibatkan sariawan dan juga gusi bengkak.maka perbanyaklah makan buah yang mengandung vitamin c, misal jeruk dll
 
 
Jeruk Nipis
caranya dengan memras jeruk nipis lalu seduh dengan air dan di gunakan untuk berkumur setiap bangun pagi dan sebelum tidur.

 Menggunakan Madu

Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

 Bawang Merah

Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 
Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.
Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.


apabila gusi andan sudah sembuh, selalu jaga kesehatan mulut anda agar tidak kambuh lagi.
gosk gigi yang rutin, makan makanan yang sehat dan teratur. semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang baik bagi para pembaca. salam sehatmurah.com


Blog, Updated at: 20:32

0 comments:

Total Pageviews

Entri Populer