Cabe Rawit untuk Kesehatan Tubuh Kita

Posted by

Cabai rawit

cabe rawit
foto cabe rawit by malang-guidance.com
Cabai rawit,tanaman yang berbuah rasa pedas ini kadang di tanam di pekarangan rumah sebagai tanaman sayur atau tumbuh liar di tegalan, cara menanam cabe pun tidak terlalu sulit.tumbuhan ini berasal dari amerika tropik,yang tumbuh di daerah kering dan dapat di temukan pada ketinggiaan 0,5-1250 m dari permukaan laut. Nah, kali ini sehatmurah.com akan sedikit membahas manfaat cabai untuk kesehatan,bagi para penikmat kuliner rasa pedas mungkin artikel ini bisa menambah wawasan mengenai manfaat dan kandungan cabai.
  • Sifat dan khasiat cabe rawit

Cabai rawit rasanya pedas, sifatnya panas, masuk meridian jantung dan pankreas . tumbuhan ini berkhasiat tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah, anti rematik, menghancurkan bekuan darah, meningkatkan nafsu makan .
  •   Kandungan kimia cabe rawit

Buah ini mengandung kapsaisin, karotenoid,alkaloid asiri,resin,vitamin A dan C.
Kapsain memberikan rasa pedas pada cabai yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah .
Bijinya mengandung solanine , solamidine, solamargine,solasodine dan kapsidin. Kapsidin bermanfaat untuk antibiotik.
  •  Manfaat cabe rawit

Cabe rawit dapat di manfaatkan untuk
  1. Menambah nafsu makan
  2. Menormalkan kembali kaki dan tangan lemas
  3.  Batuk berdahak
  4. Melegakan rasa hidung tersumbat
  5.  Migrain

  •  Cara pengobatan menggunakan cabe rawit

Nah sekarang beberapa cara memanfaatkan cabe rawit sebagai obat yang mungkin berguna bagi pembaca, berikut beberapa cara :
a.       Sakit perut
Cuci daun muda cabe rawit  segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit kapur sirih , lalu aduk sampai rata. Balurkan ramuan tersebut pada bagian perut yang sakit.
b.      Rematik
Giling beberapa buah cabe rawit sampai halus , tambahkan setengah sendok teh kapur sirih dan air perasan jeruk nipis. Lalu aduk sampai rata.
Balurkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang sakit.

Catatan mengkonsumsi cabai rawit
a.       Penderita penyakit saluran pencernaan, sakit tenggorokan dan sakit mata di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi cabai rawit.
b.      Rasa pedas yang di hasilkan oleh cabai dapat merangsang otak untuk mengeluarkan endofin yang dapat menghilangkan rasa sakit dan menimbulkan perasaan lebih sehat.
c.       Dadengan kandunganantioksidan yang tinggi  cabai rawit dapat di gunakan untuk mengatasi ketidaksuburan dan mengurangi proses penuaan.
 sangat bermanfaat bukan ? untuk artikel terkait lainya bisa di baca :

  
salam sehatmurah !


Blog, Updated at: 19:14

0 comments:

Total Pageviews

Entri Populer