Khasiat Tanaman Kumis Kucing yang wajib di Ketahui

Posted by

manfaat tanaman kumis kucing
manfaat tanaman kumis kucing
Kumis kucing sangat terkenal di masyarakat kita, di beri nama kumis kucing karena bentuk pada bunganya menyerupai kumis kucing. Tanaman ini dulu mudah di jumpai bahkan di depan rumah saya tumbuh dengan suburnya. Selain bagus di gunakan untuk tanaman hias kumis kucing ini ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita.




Tanaman ini juga di kenal di berbagai daerah dengan sebutan :
a.       Kidney tea plants/java tea ( inggris )
b.      Giri-giri marah ( sumatera )
c.       Remujung ( jawa tengah dan jawa timur )
d.      Songot koneng ( madura )
Kumis kucing ini ternyata bukan asli tanaman indonesia lho, tanaman ini berasal dari wilayah afrika tropis yang kemudian menyebar ke wilayah asia termasuk indonesia.
  • Kandungan kumis kucing

Rasa dan khasiat kumis kucing tidak terlepas dari pengaruh kandungan kimianya,yaitu orthosipon glikosida, zat samak,minyak atsiri,minyak lemak,saponin,sapofonin,garam kalium dan myoinositol.
Dengan kandungan tersebut maka kumis kucing mempunyai sifat kimiawi dan efek farmakologis, seperti sedikit pahit,sejuk,anti radang, peluruh air seni, menghancurkan batu saluran kencing.
  • Penyakit yang dapat di obati dari kumis kucing antara lain :

a.       Infeksi ginjal
b.      Sakit kencing batu
c.       Encok
d.      Diuretic
e.      Menghilangkan panas dan lembab

  • Cara pengobatan menggunakan kumis kucing

Untuk mengobati pernyakit menggunakan kumis kucing bisa semua tanaman ini yang basah maupun kering sebanyak 30-60 gram (kering) atau 90-120 gram ( basah ) kemudian seduh sebagai teh.

Demikian pembahasan mengenai manfaat kumis kucing untuk kesehatan kita, sebenarnya sehat itu mudah dan murah apabila kita ingin selalu belajar dan menjaga kelestarian lingkungan kita. Maka segala obat sudah di sediakan di sekitar kita, kita bisa tanyakan kepada ibu atau nenek kita, biasanya orang jaman dulu sangat paham sekali mengenai manfaat tanaman untuk pengobatan.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat..


Blog, Updated at: 21:13

2 comments:

Unknown said...

Ternyata banyak juga kasiatnya mas, tapi sekarang saja sudah jarang menemukan tanaman ini, kalo beli ada kan ya?

Widodo said...

ada kok..

Total Pageviews

Entri Populer