Manfaat Bayam Untuk Tubuh Kita

Posted by

Manfaat bayam untuk kesehatan

manfaat bayam
khasiat bayam
Bayam,tumbuhan ini sangat subur di indonesia dan dapat tumbuh sepanjang tahun . tanaman ini di kenal oleh masyarakat kita dengan tanaman sayur ketimbah tanaman obat.Tanaman ini sangat mudah di jumpai di pekarangan rumah atau di pasar-pasar tradisional maupun modern. Di samping tanaman ini di buat untuk resep sayur bayam bening, pecel, di rebus untuk lalap bahkan di buat gorengan ,ternyata tanaman bayam ini banyak manfaatnya di lihat dari segi kesehatan.
Pada artikel ini sehatmurah.com akan di membahas manfaat dan kandungan bayam untuk kesehatan.
  •  Manfaat bayam

Tanaman bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah dapat di gunakan untuk mengobati disentri. Tanaman ini termasuk sayuran yang berserat sehingga sangatb di anjurkan untuk di konsumsi penderita kanker usus besar, penderita kencing manis, kolestrol tinggi, an menurunkan berat badan.

  • Kandungan kimia dalam bayam

Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin,rutin,purin dan vitamin A, B, dan C.
Dari kandungan tersebut maka bayam sangatbermanfaat untuk kesehatan  karena zat-zat yang terkandung dalam bayam sangat di butuhkan oleh tubuh. Mulai dari akar sampai daunnya dapat di manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain :
a.       Dari daun
Membersihkan darah sehabis melahirkan
Memperkuat akar rambut
Tejkanan darah rendah
Kurang darah atau anemia
Gagal ginjal
b.      Akar di gunakan untuk pengobatan disentri

Contoh pengobatan menggunakan daun bayam
a.       Cara mengobati darah rendah
Cuci 3 genggam daun bayam, lalu tumbuk sampai halus.tambahkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis lalu saring. Lalu tambahakan 1 sendok makan madu dan satu butir kuning telur ayam kampung dan aduk sampai rata . ramuan tadi di minum 1 kali sehari selama seminggu, selanjutnya dapat di lakukan 2 kali dalam seminggu sampai sembuh.
b.      Cara mengobati disentri
Cuci 10 batang akar bayam lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil di aduk rata . lalu saring. Untuk pengobatan minum air saringan tersebut sekaligus.
c.       Cara memperkuat rambut
Cuci 1 ikat daun dan batang bayam segar sampai bersih. Lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil di aduk rata . selanjutnya peras dan saring lalu minum sekaligus dan lakukan 2-3 kali seminggu.

Catatan dalam mengkonsumsi bayam.
 Bagi penderita asam urat darah yang cukup tinggi dan rematk di larang mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena bayam ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh purin akan memetabolisir menjadi asam urat. Untuk pengobatan di sarankan memakai bayam merah daripada bayam hijau.

sekarang kita sudah tau manfaat dari sayuran bayam, untuk menambah wawasan yang lebih luas bisa membaca artikel terkait mengenai :


selamat membaca dan salam sehat !


Blog, Updated at: 18:52

0 comments:

Total Pageviews

Entri Populer